Cara Cek Surat Dokter Asli atau Palsu

Semua orang pasti pernah mengalami sakit di dalam hidupnya, meskipun hanya satu kali. Nah, langkah apa yang akan diambil ketika anda atau orang terdekat anda sedang sakit? ke dokter tentunya. Di sanalah anda akan medapatkan perawatan medis untuk menyembuhkan penyakit yang anda derita. Nah, khusus bagi anda yang sedang sekolah atau bekerja biasanya selain obat, tujuan anda ke dokter adalah meminta surat dokter yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar-benar sakit.

Cara Cek Surat Dokter

Namun sayangnya, banyak orang tidak bertanggung jawab yang mencoba memalsukan surat dokter untuk tujuan tertentu. Pemalsuan surat seperti dengan membuat cover laporan sedemikian rupa sehingga mirip dengan aslinya dan lain sebagainya. Oleh Karna itu, kami di sini akan memberikan penjelasan lengkap mengenai cara cek surat dokter asli atau palsu. Simak ulasannya berikut ini!

Cap Surat

Cara mengecek keaslian dari surat dokter dapat yang pertama dapat diamati dari cap surat. Untuk menunjukan keaslian atau kevaliditasan, biasanya sebuah surat harus dibubuhi oleh cap basah dari instansi yang bersangkutan. Jadi dapat disimpulkan bahwa surat dokter tanpa dibubuhi cap basah merupakan surat dokter palsu.

Untuk mengidentifikasi apakah cap yang digunakan merupakan cap yang masih basah atau hasil cetakan, anda dapat menengoknya pada bagian belakang kertas. Biasanya cap basah akan meninggalkan bekas cairan pada kertas.

Kop Surat

Tak hanya surat dokter, kop surat merupakan komponen yang sangat penting dalam menentukan keaslian dari sebuah surat. Pada umumnya kop surat akan menunjukan mengenai nama instansi, alamat, dan contact person. Jadi anda harus waspada terhadap surat dokter yang tidak disertai kop pada bagian atas surat.

Contact Person

Jika kedua cara di atas masih dapat diakali dengan berbagai trik dari teknologi, cara yang ketiga ini akan menunjukan validitas dari sebuah surat yang sesungguhnya. Untuk memastikan apakah instansi yang tertera pada kop surat mengeluarkan surat yang dimaksud, anda dapat langsung menghubunginya.

Apabila instansi tersebut benar-benar ada, anda dapat menanyakan mengenai kebenaran dari pasien yang bersangkutan apakah benar-benar memeriksakan diri kesana.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara cek keaslian atau kevaliditasan sebuah surat dokter. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Felin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!